SEJARAH DESA MARGAMUKTI

SEJARAH DESA MARGAMUKTI

 

Jpeg

Wilayah Selatan Kecamatan talaga terdapat sebuah desa yang bernama Margamukti, awalnya Margamukti termasuk wilayah desa Lampunyang yang bernama Tjiurut. Karena faktor luas wilayah dan kepadatan penduduk yang sudah memadai, kemudian pada tahun 1983 Desa Lampunyang dimekarkan   menjadi dua wilayah, yaitu Desa Lampunyang dan Desa Margamukti.

Teritorial Desa Margamukti mencakup kampung Tjiurut, Babakan, Cangkuan, Tjibodas, Djungga, Citengah, dan Pondok Situ. Pusat desa Margamukti adalah Tjiurut. Menurut dari beberapa sumber, nama Tjiurut diambil karena konon wilayah tersebut dulunya daerah bekas pemberhentian Raja-raja Talaga Manggung yang bisa juga kita sebut patilasan (Bungbulang). Setelah pamekaran Desa Margamukti wilahyahnya di bagi menjadi 4 blok, yaitu :

  1. Margamukti
  2. Margamulya
  3. Cangkuang
  4. Margaluyu

Sistem penamaan blok di Desa Margamukti didasarkan pada nama sesepuh di desa tersebut, yaitu Buyut Marga. Merunut sejarahnya, bahwa Buyut Marga adalah Jawara (Tokoh Ternama) di Margamukti, oleh sebab itu nama blok di Desa Margamukti diawali dengan nama Marga. Arti dari masing-masing nama blok di Margamiukti adalah Margamukti (Jalan Keberhasilan), Margamulya (Jalan Kemuliaan), dan Margaluyu (Jalan Kasaluyuan). Namun ada blok tidak dirubah namanya, yaitu Cangkuang. Konon pada zaman dahulu sesepuh Cangkuang yang bernama Pangeran Saung. Beliau berpesan apabila Cangkuang diganti namanya, maka akan terjadi sesuatu yang tidak diharapkan. Maka dari itu Blok tersebut tetap bernama Cangkuang.

Batas Wilayah

  1. Timur : Desa Lampuyang Kecamatan Talaga
  2. Selatan : Desa Ciranca Kecamatan Malausma
  3. Utara : Desa Salawangi Kecamatan Bantarujeg
  4. Barat : Desa Cimanggu Kecamatan Bantarujeg

Tambuk Kepemimpinan Desa Margamukti 1). Bapak E. Mahmudin Menjabat Sebagai Kepala Desa selama 5 Tahun (1983 – 1987), 2). Bapak Bihaki selama 2 Tahun (1987 – 1989), 3). Bapak Mahpudin selama 10 Tahun (1989 – 1999), 4). Bapak Enda Sutisna, S.Ag. selama 10 Tahun (1999 – 2009), dan 5). Bapak Maman Saripudin dari akhir Desember Tahun 2009 sampai dengan sekarang.

Keterangan

  • Luas wilayah : 291,8 Ha, Ketinggian Tanah 842 m dari permukaan laut, terdiri dari perbukitan.
  • Mata pencaharian penduduk, Petani, Pedagang, wiraswasta, dll.
  • Terdapat patilasan (Gunung Bungbulang) tempat pemberhentian Raja Talaga Manggung
  • Makam Buyut Marga dan Makam Nyi mas Tuyungbang Terletak dipamakaman Blok Margamukti , Makam Pangeran Saung terletak disebelah Barat Blok Cangkuang.
Share Button

One thought on “SEJARAH DESA MARGAMUKTI

  1. Mick
    20 April 2015 at 7:58 pm

    oooohhhhh

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *